Sabtu, 11 Desember 2021

SYAHADAT SEJATI LENGKAP:

SYAHADAT SEJATI LENGKAP:

Ingsun anekseni ing Datingsun dhewe, 
satuhune ora ono Pangeran anging Ingsun, 
lan anekseni satuhune Muhammad iku 
utusan ingsun. 
Iya sajatine kang aran Allah iku Badaningsun, 
Rasul iku Rahsa ningsun, 
Muhammad iku Cahayaningsun. 
(Dilakukan selama 41 hari sebanyak 99X ulangan)

Dalam wejangan ini jelas sekali bahwa 
Dzat Tuhan telah menyatakan 
adanya kesatuan tunggal 
dari tiga hal: 
1. Allah; 
2. Muhammad ; 
3. Rasul (orang terpilih/Mustafa) 
   
Allah diakui sebagaiBadan-Nya, 
Muhammad diakui sebagaiCahaya-Nya, 
Rasul (Utusan) diakui sebagai Rahsa Sejati 
yang Rahasia atau Rahsa-Nya.
   
Allah adalah Badan Sejati dari Dzat (Dzatullah).
Muhammad adalah CahayaTerpuji 
(Nur Muhammad)dari Dzat (Nurullah), 
Rasul adalah Rahsa Sejati Yang Rahasia 
dari Dzat (Sirullah). 
Allah, Muhammad, dan Rasul adalah tunggal.
 
Di dalam badan manusia, 
Allah telah meliputi Hayyu (hidup) 
atau Roh Manusia.

Muhammad telah meliputi Nur (cahaya) manusia 

Rasul telah meliputi Kaca (cermin) 
atau Rahsa/Sir manusia. 

Jika yang diwejang sudah memahami 
Syahadat Sejati, 
ia bisa berlanjut dengan melafalkan 
SYAHADAT SEJATI KUBRO 
yang diucapkan di dalam batin. 

Disebut kesaksian puncak 
karena sudah meliputi syahadah 
syariat, 
hakikat  
makrifat. 

Isi seperti ini: 
Ingsun anekseni ing Datingsun dhewe, 
satuhune ora ono Pangeran anging Ingsun, 
lan anekseni satuhune Muhammad iku utusaningsun. 
Iya sajatine kang aran Allah iku Badaningsun, 
Rasul iku Rahsa ningsun, 
Muhammad iku Cahayaningsun. 
Iya Ingsun Kang Urip ora keno pati; 
iya Ingsun Kang Eling ora keno ing lali; 
Iya Ingsun Kang Langgeng ora keno owah gingsir ing Kahanan Jati; 
iya Ingsun kang Waskitha 
ora kasamaran ing sawijiwiji; 
iya Ingsun Kang Amurba Amisesa Kang Kawasa Wicaksana ora kekurangan ing Pangerti; 
Byar sampurna padhang terawangan, 
ora karasa apa-apa, 
ora ana katon apaapa, 
mung Ingsun kang anglimputi ing alam kabeh 
kalawan kodratingsun.

Setelah 41 hari membaca Syahadat Sejati, 
amalkan amalan di atas ini 3X saja setiap hari: 

Namun dalam wejangan sebelumnya 
Muhammad juga diakui sebagai utusan-Nya. 
Oleh karena itu kedudukannya menjadi seperti ini: 

1. Muhammad 
    diakui sebagai Cahaya-Nya
    sekaligus utusannya. 

2. Rasul 
    diakui sebagai Rasa Sejati
    Yang Rahasia/Rahsa/Sir
  ,  sekaligus utusannya.

Pengertian Muhammad disini jelas bukan 
Kanjeng Nabi Muhammad. 
Rasul di sini jelas bukan seorang manusia 
yang diutus untuk menyampaikan risalah. Muhammad di sini adalah 
Cahaya Yang Elok, 
Cahaya Terpuji, 
Nur Muhammad. 

Dan Rasul disini adalah 
Rasa Sejati Yang Rahasia, Rahsa, Sir. 

Pertanda nyata bahwa 

hidup kita adalah Tajalli dari 
Dzat Yang Maha Suci, 
dapat dilihat bahwa 
hidup kita memiliki suatu kesadaran 
kuasa dan kehendak, 
yaitu suatu kesadaran 
yang juga dimiliki oleh 
Dzat Yang Maha Suci 
dengan 
kodrat dan iradat-Nya. 

Sesungguhnya 
kodrat dan iradat hidup kita ini berasal dari 
Kodrat dan Iradat Dzat Yang Maha Suci 
yang bersifat hidup. 

Itulah mengapa keberadaan manusia 
terdiri dari tujuh tingkatan yang dipakai sebagai 
Warana Dzat, 
menjadi tempat 
Sifat, 
Asma, 
Af’al 
Dzat. 

Tujuh tingkatan tersebut adalah sebagai berikut:

Hayyu 
berarti Urip (hidup), 
berada di luar Dzat. 

Nur 
berarti Cahaya, 
berada di luar Hayyu. 

Sir 
bearti Rahsa / rasa sejati yang rahasia, 
berada di luar Nur. 

Roh Idlafi 
bearti Roh yang telah bersandar, 
disebut Sukma, 
berada di luar Sir. 

Nafsu 
bearti kepribadian 
berada di luar Roh Idlafi. 

Budi 
berarti kesadaran Jaga, 
berada di luar Nafsu. 

Jasad, 
berarti Badan Fisik, 
berada di luar Budi.

Hayyu atau Hidup 
mendapat wewenang Dzat 
untuk menghidupi keberadaan 
Nur, 
Sir, 
Roh Idlafi, 
Nafsu, 
Budi, 
Jasad. 

Merata tanpa satupun yang terlewati. 
Adapun yang tampak dan bisa kita raba dari keberadaan Hayyu, 
satu persatu penjelasannya 
adalah sebagai berikut: 

1. Ketika Hayyu 
    menghidupi Nur, 
    ia meresap pada mata batin kita. 
    Oleh karenanya kita
    memiliki kesadaran
    kepahaman (awareness).
   Jika kita memilikikesadaran kepahaman, 
   itu berarti 
   Penglihatan Dzat 
   memakai mata batin kita. 

2. Ketika Hayyu 
    menghidupi Sir, 
    ia meresap kepada hidung batin kita. 
    Oleh karenanya kita memiliki perasaan. 
   Jika kita mampu merasa,
    itu berarti Penciuman Dzat
    memakai hidung batin kita.

3. Ketika Hayyu 
    menghidupi Roh Idlafi, 
    ia meresap kepada lidah  batin kita. 
    Oleh karenanya kita
    mampu berinteraksi. 
   Jika kita mampu berinteraksi, itu berarti
    Pengucapan Dzat 
    memakai Lidah batin kita. 

4. Ketika Hayyu 
    menghidupi nafsu, 
    ia merata pada telinga batin kita. 
   Oleh karenanya kita mampu
   menerima segala sensasi dari dunia luar. 
  Jika kita mampu menerimasegala sensasi 
   dari dunia luar, itu berarti 
   Pendengaran Dzat 
   memakai  telinga batin kita. 

5. Ketika Hayyu 
    menghidupi Budi, 
    ia merata pada otak dan jantung. 
   Oleh karenanya kita
   memiliki kesadaran Jaga
   (Conciousness), itu berarti
   Kesadaran Jaga Dzat
   memakai Otak dan Jantung kita. 

6. Ketika Hayyu 
    menghidupi jasad, 
    merata pada Darah. 
    Oleh karenanya seluruh
    jasad bisa hidup. 
   Jika kita memiliki kehidupan, itu berarti 
    hidup Dzat memakai jasad kita. 

Tidak beda ketika 
Dzat menghidupi seluruh isi alam; 
Matahari, 
Bulan, 
Bintang, 
dsb nya. 
Untuk semakin memantapkan keyakinan, 
kita bisa buktikan sendiri dengan menjalani laku PRIHATIN, memohon petunjuk kehendak Dzat Yang Maha Kuasa. 
Yang sudah sering berlaku, jika kita berkenan menjalani lelaku, dapat dipastikan akan muncul MAUNAH 
yang keluar dari badan kita sendiri. 
Maunah tersebut dapat terlihat jelas dalam batin. Jika Maunah sudah menampak nyata, 

maka 
apapun yang kita inginkan akan terlaksana.
Apapun yang kita kehendaki akan datang, 
apapun yang kita harapkan akan ada, 
atas kehendak 
Dzat Yang Maha Kuasa. 

Di bawah ini salah satu petunjuk 
menjalani laku prihatin, 
wasiat dari 
Kanjeng Panembahan Senopati Ing Ngalaga Ing Mataram: 

1. Mulailah mengurangi makan, minum, tidur,
   senggama, untuk beberapa hari. 

2. Jika sudah mantap,
    mulailah melakukan puasa,
    berarti tidak makan, tidak  minum selama 24.        jam. 
    Dan ini dilakukan selama tiga hari tiga malam. 
    Itu berarti, Anda harus memulai puasa pada.          jam 6 sore dengan diawali mandi keramas, lalu
   makan dan minum. Selama 24 jam 
   kemudian Anda tidak  diperkenankan makan.         dan minum hingga jam 6 sore lagi. 
  Demikian berturut-turut
  hingga tiga hari tiga malam.

3. Pada hari terakhir 
   Anda tidak diperkenankan  tidur. 

4. Tepat jam 12 malam pada hari terakhir, 
    Anda harus mandi keramas, kemudian
    memakai busana yang serba suci 
    dan memakai wewangian. 

5. Bakarlah Kemenyan
    dengan menghadap ke  Timur atau Barat, 
    berfokus pada Kiblat Sejati,
    yaitu Dada kita sendiri. 

6. Mulailah tidur telentang, diam, 
    menutup segala panca indra. 
   Tata caranya adalah sebagai berikut: · 
   Tetap membuka mata ·
   Jempol kaki kiri dan kanan disejajarkan · 
   Mata kaki kiri dan kanan dipertemukan · 
   Lutut kaki kiri dan kanan disejajarkan · 
   Kemaluan dan kantong kemaluan jangan.               sampai terjepit · 
   Kedua tangan dipertemukan di depan dada. 
  Jemari saling dipertemukan,
   posisi jari dimasukkan ke  sela-sela jari yang.         lain. ·
   Kedua jempol dipertemukan ujungnya · 
   Lidah ditekuk ke atas langit-langit · 
   Mulut tertutup rapat. 

7. Tarik nafas perlahan,
     bayangkan udara masuk
    dari lubang hidung kiri,
    dibawa menuju pusar,
    tahan untuk beberapa lama, 
    keluarkan sambilbmembayangkan nafas
    keluar dari lubang hidung kanan. 

8. Tenangkan nafas 

9. Setelah tenang, 
    tarik nafas perlahan, 
    bayangkan udara masuk 
    dari lubang hidung kanan,
   dibawa menuju pusar, 
   tahan untuk beberapa lama,
   keluarkan sambil
   membayangkan nafas
   keluar dari lubang hidung kiri. 

10. Lakukan penarikan ini
      sebanyak tiga kali, 
      artinya tariklah nafas 
     dari lubang hidung kiri 3X,
     dan dari lubang hidung kanan 3X, 
      berselang seling. 
      Setiap satu kali penarikan
     dan pengeluaran nafas
      harus diberi waktu jeda
      beberapa saat untuk
      menenangkan nafas. 

11. Setelah enam kali putaran, 
      tarik nafas dan
      bayangkan nafas masuk
     dari lubang hidung kiri, 
     langsung keluarkan dari
     lubang hidung kanan.
     Terik nafas dan
     bayangkan nafas masuk
     dari lubang hidung kakan
     langsung keluar dari 
     lubang hidung kiri. 
    Tarik nafas dari kedua
     lubang hidung 
     kumpulkan di pusar.
     Bayangkan udara naik 
     ke dada. 
     Untuk sejenak diamkan
     nafas di dada, lantas
     bayangkan udara naik ke
     kepala dan baca mantera
     ini: 
Ingsun tajalining 
Dat Kang Amaha Suci, 
Kang Amurba Amisesa, 
Kang Kawasa Angandika 
Kun Payakun. 
Dadi Saciptaningsun, 
ana sasedyaningsun, 
teka sakarsaningsun, 
anu metu saka 
ing kodratingsun. 

12. Lantas telapak tangan
      kanan diselipkan ke
      ketiak kiri dan 
      telapak tangan kiri
     diselipkan ke ketiak
     kanan. 

Pejamkan mata. 
Dalam kondisi ini, tetaplah tahan napas. 
Biasanya akan tampak dalam batin 
pemandangan gaib atau maunah. 

Jika sudah terlihat, 
keluarkan nafas dari lubang hidung 
secara perlahan. 
Berpasrahlah kepada Dzat. 
Jika telah mendapat anugerah melihat pemandangan gaib, 
maka Anda harus mengadakan selamatan, sebelumnya mengamalkan amalan di atas, 
kirim tawasul yang ditujukan kepada: 

1.Kanjeng Nabi Muhammad Saw
 
2.Kanjeng Susushunan ing Ngampel Denta 
   Kanjeng Susushunan ing Kalijaga

3. Kanjeng Sultan Demak ingkang Wekasan.                Kanjeng Sultan Adiwijaya ing Pajang 

4.Kanjeng Panembahan Senopati ing Ngalaga 
   ing Mataram 
   Kanjeng Sinuwun
   Kanjeng Sultan Agung
   Prabu Hanyakra Kusumo
   ing Mataram


Lalu baca 
Doa Rasul, 
Doa Kabul, 
Doa Tulak Bilahi (Nur Buwat), dan 
Doa Selamat. 
(Lihat lampiran pada halaman terakhir buku ini….)

Pagi hari seusai lelaku jangan langsung tidur, 
harus berjalan-jalan di sekeliling pekarangan rumah untuk berjaga-jaga manakala mendapat isyarat lagi dari Tuhan. 
Apa yang ditemui nanti benar-benar harus dijadikan petunjuk bagi kita. 
Sedangkan yang belum mendapat tanda saat lelaku, janganlah berkecil hati. 
Bisa diulangi lagi untuk bulan berikutnya 
dan tidak usah melakukan selamatan. 
Bagi yang sudah pernah mendapat isyarat gaib biasanya batinnya akan bertambah tajam. 
Jika sewaktu-sewaktu Anda ingin memohon petunjuk, Anda tidak lagi perlu berpuasa. 
Asalkan batin sudah merasakan sebuah tanda, Anda bisa langsung melakukan tafakur, 
menutup semua panca indera sebagaimana dijelaskan di atas. 
Saat-saat ijabah atau saat-saat yang tepat untuk melakukan lelaku adalah sebagai berikut: 

1. Bulam Muharam tanggal 9 dan 10 

2. Bulan Rabiul Awal tanggal 12 

3. Bulan Rajab tanggal 27 

4. Bulan Ruwah tanggal 15 

5. Bulan Ramadhan tanggal 21, 23, 25,27, 29 

6. Bulan Dulhijah tanggal 8 dan 9 65

Tidak ada komentar:

Posting Komentar